Dampak terbentuknya jaringan nusantara melalui jalur perdagangan?
Jawaban 1:
Alur-jalur perdagangan berkembang pada saat itu di wilayah nusantara akibat adanya faktor kepentingan ekonomi pada saat itu, terutama kegiatan ekonomi kerajaan-kerajaan yang bercorak hindu-budha di nusantara. Pada masa perkembangan hindu-budha terdapat dua kekuatan peradaban besar yaitu:china di utara dan india di bagian barat daya. Kedua peradaban ini memiliki pengaruh yang amat besar bagi penduduk indonesia.Seperti pada awal tahun 1500-an wilayah Nusantarasedang mengalami proliferasi kekuasaan, yang manabanyak bermunculan kota-kota pelabuhan sebagai tempatpenumpukan barang dagangan, termasuk berlangsungnyaperdagangan intenasi onal (Emporium). Terjadinyakomunikasi antar bangsa baik dengan barat maupun utaramenimbulkan aliran besar cultural yang membawaideology, sistem kepercayaan, sistem politik dan berbagaiunsur kebudayaan lainnya seperti sastra, kesenian, filsafatdan sebagainya.
Jawaban 2:
1.pelayaran dan perdagangan makin rame
itu jawabannya kak
Pertanyaan Terkait
Indentifikasikan kerajaan majapahit
Jawaban 1:
Kampung Majapahit di Desa Masiri Batauga Kab. Buton berupa Makam yang bertipe berisi 40 orang hulubalang pendamping Patih Gajah Mada, Nisan berbentuk tipe kala-makara merupakan gejala umum dalam kelompok Nisan Tipe Demak Troloyo. Penelitian ini di dukung oleh data penelitian Prof. DR Hasan Muarif Ambary dalam Buku menemukan Peradaban: “Jejak Arkeologis dan Historis Islam IndonesiaDesa Takimpo Kec. Pasarwajo Kab. Buton, berupa Makam yang berisi 40 orang hulubalang pendamping Patih Gajah Mada, Nisan berbentuk tipekala-makara merupakan gejala umum dalam kelompok Nisan Tipe Demak Troloyo. Penelitian ini di dukung oleh data penelitian Prof. DR Hasan Muarif Ambary dalam Buku menemukan Peradaban: “Jejak Arkeologis dan Historis Islam Indonesia selain Makam terdapat pula Menhir di puncak Gunung Wagumbangga dan sebuah makam yang dikelilingi oleh Pohon Cempaka berbunga Biru.Desa Liya Kab. Wakatobi, terdapat Makam dan Batu Menhir yang di sebut Watu Mada.Desa Kaluku Gadi di Puncak Gunung Labalawa (Bekas Kerajaan Tobe-Tobe) jarak 5 Km dari Benteng Keraton Buton berupa Menhir, dan dipercaya oleh masyarakatnya sebagai Prasasti Majapahit.Dan Tutur (Foklor) di beberapa daerah tentang 4 Nasehat dari Sang Patih MajapahitDll… sementara di Himpun, Doakan ya, di temukan Prasasti Bertulis berhuruf Pallawa untuk di realisasikan dalam Bentuk Penelitian Nasional, Penelitian Melibatkan Para Ahli di Bidang Kebudayaan baik Lokal dan Nasional. Salam
Jawaban 2:
Kerajaan majapahit adalah kerajaan hindu-buddha
Peninggalan homo wajakensis ?
Jawaban 1:
Manusia Purba Homo Wajakensis merupakan aset kesejarahan yang bernilai tinggi, sehingga perlu untuk dipublikasikan, dilestarikan, dan juga menjadi media pembelajaran peserta didik, khususnya di Tulungagung. Kawasan daerah di sekitar Pegunungan Kapur Selatan Tulungagung tercatat sebagai kawasan awal kehidupan dan sekaligus perkembangan kehidupan sosial-budaya Tulungagung. Sehingga adanya awal kehidupan di daerah Tulungagung tepat berada di bagian selatan itu, maka membuat transisi kehidupan hingga sekarang.Sebelum membahas mendalam mengenai manusia purba di daerah Tulungagung yang terkenal dengan sebutan manusia Homo Wajakensis, lebih baik kita telusuri di mana tempatnya diketemukan manusia purba tersebut. Pada dasarnya mengenai letak diketemukannya manusia purba Wajakensis masih gelap. Mayoritas masyarakat mengira kalau nama daerah ”Wajak” keberadaan daerahnya berada di daerah Boyolangu yang sekarang kita kenal. Di atas sudah sedikit disinggung mengenai biografi Dubois tentang penemuan awal fosil manusia wajakensis yang berada di daerah tembang marmer.Pada tahun 1859 M, Pegunungan Gamping selatan daerah Campurdarat, waktu itu masih disebut dengan distrik Wajak. Daerah tersebut tepatnya berada di Desa Gamping, di mana pada daerah tersebut terdapat penggalian tambang marmer. Namun apabila kita kronologikan, maka nama daerah yang dimaksud ”Wajak” pada masa penemuan situs fosil manusia purba tersebut adalah di daerah Campurdarat, Tulungagung bagian selatan.Di daerah selatan Tulungagung, yaitu tepatnya di daerah distrik Wajak pada tahun 1889 diketemukan sisa-sisa manusia purba, termasuk jenis manusia yang paling muda, oleh para ahli digolongkan ke dalam jenis manusia cerdas (Homo Sapiens) (Anonim; 1971:6). Fosil tenggkorak manusia purba, pada tahun 1889 M baru diketemukan oleh B. D. Van Rietschouten dan penemuan fosil tersebut dinamakan dengan Wajak I. Setelah itu fosil Wajak II diketemukan oleh Eugene Dubois pada tahun 1890. dari situlah mulai terkuaknya tabir misteri suatu fosil manusia purba yang akhirnya dinamakan dengan sebutan manusia purba Homo Wajakensis. Manusia purba Homo Wajakensis tersebut merupakan jenis manusia muda yang digolongkan sebagai manusia cerdas dan termasuk klarifikasi dalam Homo Sapiens.Pengumuman pertama tentang fosil manusia purba Homo Wajakensis diterbitkan tahun 1889 dalam pertemuan ”Koninklij – ke Natuurkundigo in Nederkansch – Indie” pada 13 Desember 1888, Mr. C. Ph. Sluiter tahun 1889 membaca surat dari Mr. B. D. Van Rietshouten yang isinya dia telah menemukan tengkorak manusia dan sejenisnya. Abstraksi tentang isi surat tersebut disimpan pada berkas koleksi Dubois, Rijksmuseum Van Natuurlijk Historie, Leiden. Di dalamnya termasuk sketsa tentang situs wajak yang diproduksi ulang oleh Van Briak, 1982. Surat tersebut tertanggal 31 Oktober 1888 (Majalah Bersinar Tulungagung, edisi 25/IV/April 2005). Menurut Effendhie (1999), bahwasanya manusia purba Wajakensis mempunyai tinggi badan 173 cm, manusia Wajak ini juga menunjukkan ciri-ciri ras Mongoloid danAustralomelanosoid, yang diperkirakan hidup antara 40000 sampai 25000 tahun yang lalu.Bagi Dubois, atas penemuannya yang berupa manusia purba Homo Wajakensis tersebut, akhirnya ia tinggal di daerah Tulungagung kurang lebih selama lima tahun. Di daerah Tulungagung tersebut, ia melakukan penyisiran lagi, ditempat Rietschoten menemukan fosil tengkorak manusia, yakni di daerah cekungan bebatuan sekitar daerah Wajak. Yang menarik pada saat Dubois tinggal di daerah Tulungagung adalah ia juga sering berkunjung ke perkebunan milik orang Skotlandia yang bernama Boyd, tepatnya di daerah Pegunungan Wilis. Setelah Dubois menemukan fosil manusia purba di daerah Tulungagung Selatan (Homo Wajakensis), ia semakin berambisi untuk bisa menemukan manusia purba yang lainnya. Akhirnya ia berpindah ke berbagai tempat di daerah Jawa Timur dan daerah Jawa Tengah . Sudah berpuluh tahun Dubois meninggalkan Indonesia, akhirnya kuburannya yang terletak di perkebunan De Bedelaer miliknya di Kota Venlo, hanya bisa membisu. Batu nisannya yang bertahtakan fosil tempurung kepala dan dua tulang paha yang disilangkan dari Phithecantrhopus yang menjadi saksi bahwasanya Dubois adalah penemu fosil manusia purba di Indonesia (khususnya daerah Jawa Tengah dan daerah Jawa Timur)
Jawaban 2:
Tengkorak panjang dengan isi besar yakni Wajak I (wanita) berkapasitas 1.550 sentimeter kubik dan Wajak II (laki-laki) berkapsitas 1.650 sentimeter kubik. Isi tengkorak ini melebihi isi tengkorak manusia modern.
di pedesaan sering ada kegiatan kenduri/selamatan untk peristiwa tertentu disertai dengan doa islam, padahal di ajaran islam tidak ada. mengapa&bagaimana pendapatmu?
Jawaban 1:
Kareana itu pengaruh dari budaya nenek moyang yang maasih mempercayai ada nya hal hal gaib yang dapt memberikan sesuatu. pendapat ku sebenar nya itu masih wajar saja dilakukan tatapi jangan berlebihan dan melanggar dari ajaran agama .
Jawaban 2:
Kenduri = ngeriung/tahlilan Kalau saya kurang setuju karena akan memberatkan yang terkena musibah.
Menjelaskan jaringan perdagangan regional dan internasional di nusantara
Jawaban 1:
Jaringan regional adalah jaringan perdagangan antar suku bangsa atau antar pulau, sedangkan jaringan internasional adalah jaringan perdagangan antar bangsa. semoga membantu!! dan tolong jdkan jwban yg terbaik ya!!
Apa pendapatmu tentang peran laut pada saat ini bagi negara Indonesia? Jawab esai ini dalam 3-4 halaman.
Jawaban 1:
Peran laut
menyatukan nusantara
sebagai jalan menyatukan pulau
sebagai daerah penghasil kekayaan alam
sebagai alat transportasi dalam dunia
semoga membantu :)
Jawaban 2:
Peran laut bagi Indonesia sangat banyak salah satunya banyak masyarakat indonesia menjadikan laut sebagai mata pencaharian. misalnya para nelayan. contoh lain laut di jadikan sebagai wisata alam bagi para wisatawan . misal di Raja Ampat
Bandingkan komoditas yang di sukai pedagang jaman hindu budha di indonesia dan yang masa sekarang ?
Jawaban 1:
Kalau zaman hindu-buddha: komoditas yang dijual logam mulia, wangi wangian, perhiasan, obat, kerajinan, cengkeh, cendana, dll (komoditas yang di dagangkan sesuai yang unggul kualitasnya)
kalau sekarang: komoditas yang disukai yang elektronik (karena perkembangan zaman, pedagang lebih memilih teknologi.)
jadi yang terbaik dongggg
Jawaban 2:
Komoditas yang disukai pada masa hindu budha yaitu lebih ke barang yang unggul di kualitas karena akan mendatangkan banyak pembeli, jika sekarang lebih kepada harga dibandingkan kepada kualitas karena akan lebih mudah dijual ke pembelinya.
itu menurut aku kak Semoga Bermanfaat ;)
Tolong yaa
apa peran laut pada masa hindu buddha dan pada masa sekarang bagi indonesia ?
Jawaban 1:
Hindu budha :
- menjadi jalur perdagangan
- sarana penyebaran agama islam
sekarang :
- sebagai transpormasi
- bisa menjadi jalur hubungan antar negara
Jawaban 2:
Untuk jalur perdagangan
Budaya Cina juga membawa pengaruh pada kuliner kita saat ini. Identifikasikan pengaruh Cina pada kuliner di seitar kita!
Jawaban 1:
Banyaknya budaya cina yg dabdosi terutama kuliner,sbg contohnya saja capcay,dll..kuliner ini bs diidentifikasikan bahwa budaya cina sudah bs diterima dIndonesia dan sudah cocok dlidah orang Indonesia
Jawaban 2:
Seperti
lumpia adalah salah satu kuliner budaya cina yang masuk ke dalam indonesia yang berbahan dasar rebung yang bahan bahan campurannya seperti udang dan telur dan tepung sebagai pembungkus.
siomay adlah salah satu kuliner dari budaya cina. siomay berbahan dasar seperti ayam, udang, kepiting atau campuran lainnya
semoga membantu
tandai terbaik
Pendapat para ahli tentang kota muntok pada zaman kolonialisme belanda ?
Jawaban 1:
Kota Muntok berdiri pada tanggal 7 September 1734 Masehi. Pertimbangan ini didasarkan pada perintah Sultan Mahmud Badaruddin I kepada Wan Akup pada September tahun 1734 untuk membangun 7 (tujuh) bubung rumah di daratan sebuah tanjung yang terletak di kaki Menumbing dengan nama Muntok. Tujuh bubung rumah sekaligus ditetapkan sebagai tanggal hari jadi Kota Muntok
Apa yang anda ketahui tentang KTN
Jawaban 1:
Komisi Tiga Negara (KTN),
disebut begitu karena beranggotakan tiga negara,
yaitu Australia yang dipilih oleh Indonesia, Belgia yang dipilih oleh
Belanda dan Amerika Serikat sebagai pihak yang netral. Australia
diwakili oleh Richard C. Kirby, Belgia diwakili oleh Paul van Zeeland dan
Amerika Serikat menunjuk Dr. Frank Graham.
KTN adalah suatu komite yang dibentik oleh Dewan Keamanan PBB yg akan
menjadi penengah konflik antara Indonesia dan Belanda. Komite ini
di kenal sebagai Committee of Good Offices for Indonesia
(Komite Jasa Baik Untuk Indonesia)
Jawaban 2:
Komite sebagai Committee of Good Offices for Indonesia (Komite Jasa Baik Untuk Indonesia), dan lebih dikenal sebagai Komisi Tiga Negara (KTN), karena beranggotakan tiga negara, yaitu Australia yang dipilih oleh Indonesia, Belgia yang dipilih oleh Belanda dan Amerika Serikat sebagai pihak yang netral. Australia diwakili oleh Richard C. Kirby, Belgia diwakili oleh Paul van Zeeland dan Amerika Serikat menunjuk Dr. Frank Graham.
KTN adalah suatu komite yang dibentuk oleh Dewan Keamanan PBB yg akan
menjadi penengah konflik antara Indonesia dan Belanda.
Perjanjian Komisi Tiga Negara disebut juga perjanjian Renville. Isinya adalah sebagai berikut:
1. Belanda hanya mengakui Jawa tengah, Yogyakarta, dan Sumatera sebagai bagian wilayah Republik Indonesia
2. Disetujuinya sebuah garis demarkasi yang memisahkan wilayah Indonesia dan daerah pendudukan Belanda
3. TNI harus ditarik mundur dari daerah-daerah kantongnya di wilayah pendudukan di Jawa Barat dan Jawa Timur Indonesia di Yogyakarta..